Sunday, October 12, 2014

Sembilan Poin Penting Rumusan Majelis Syura Amanah Konggres Batee Kureng

Anggota Negara Bagian Atjeh (NBA) NII. @Repro
Majelis Syura Negara Bahagian Atjeh, Negara Islam Indonesia, menggelar rapat pada 27 September 1955. Rapat ini sengaja digelar untuk meneruskan hasil Kongres Batee Kureng pada 23 September 1955.

Rapat ini kemudian memutuskan untuk menyetujui program politik Pemerintah Negara Bahagian Atjeh Kabinet Hasan Aly. Berdasarkan catatan AH Gelanggang dalam bukunya Rahasia Pemberontakan Atjeh dan Kegagalan Politik Mr. SM Amin, menyebutkan ada sembilan poin keputusan yang dihasilkan rapat tersebut.

Sembilan poin ini adalah:

1. Menyusun dan mengatur susunan Pemerintah Daerah dan mengambil langkah-langkah seperlunya menyesuaikannya dengan keadaan negara yang sedang melakukan perang gerilya.

2. Mengadakan asas-asas memperbaiki Angkatan Perang NII dalam arti kata yang seluasnya, demikian juga dalam langkah-langkah memperbaiki organisasinya.

3. Menyusun dan memperkuat Angkatan Polisi Negara serta memberi garis-garis kewajibannya dari sudut hukum, ketenteraman umum dan dalam saat peperangan.

4. Menyelesaikan sengketa bersenjata dengan Pemerintah Indonesia melalui jalur politik.

5. Berupaya meningkatkan keuangan negara dan mengatur organisasi/administrasi keuangan negara.

6. Menyusun tingkatan pengadilan dengan membagi-bagikan kekuasaannya sesuai kebutuhan dan hasrat muslim Aceh, dengan mengambil langkah-langkah seperlunya dalam menyesuaikan bentuk dan kekuasaan menurut keadaan politik Negara Islam Indonesia Aceh yang sedang perang gerilya.

7. Menyusun hukum Islam secara pembukuan dan berusaha untuk menjalankan hukum-hukum Islam dalam negara yang selama ini belum dijalankan.

8. Berupaya memperbaiki nasib para anggota Angkatan Perang NII dan pegawai-pegawai pemerintah dalam Negara Bahagian Atjeh, serta memberikan santunan kepada yatim dan janda para syuhada.

9. Menyiapkan usaha-usaha untuk membawa rakyat ke arah kemakmuran dalam mencapai hidup bahagia.[]

No comments:

Post a Comment